Biar Dilirik Investor Global, Perusahaan Tercatat RI Harus Lulus Tata Kelola yang Baik

by -38 Views

alef-diaz.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mendorong perusahaan tercatat di pasar modal untuk melakukan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) agar bisa dilirik investor global.

Berdasarkan penilaian ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) sebanyak 1 perusahaan tercatat atau emiten di Bursa Efek Indonesia itu masuk kategori ASEAN Top 20 Publicly-Listed Companies (PLCs) dan 9 emiten di kategori ASEAN Asset Class PLCs yang dinilai memiliki tata kelola perusahaan yang baik

Salah satunya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) yang mendapat apresiasi dari BEI sebagai salah satu perusahaan dengan praktik tata kelola yang baik. SIG sendiri mendapatkan predikat Domestic Significantly Improved PLCs.

Penilaian itu diberikan setelah BEI dan PT RSM Indonesia Konsultan yang ditunjuk sebagai Domestic Ranking Body mewakili Indonesia, melakukan penilaian ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) untuk periode tahun 2021.

Baca Juga:
302 Saham Ambruk ke Zona Merah, IHSG Awal Pekan Ini Ditutup Longsor

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan bahwa predikat ini membuktikan konsistensi SIG dalam penerapan praktik tata kelola yang baik dan komitmen keterbukaan informasinya.

“SIG berkomitmen untuk menerapkan praktik terbaik GCG di setiap tahapan kegiatan operasi untuk mencapai kinerja yang berkelanjutan, memberikan manfaat serta meningkatkan iklim yang kondusif bagi perkembangan investasi,” kata Vita dalam keteranggnya dikutip Selasa (7/2/2023).

Diketahui SIG melakukan pengukuran kualitas GCG melalui penilaian dan evaluasi tingkat pemenuhan kriteria GCG, dengan mengacu pada Peraturan Kementerian BUMN, ASEAN Corporate Governance Scorecard, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan peraturan terkait lainnya.

Menurutnya, praktik GCG oleh SIG tidak hanya untuk memenuhi peraturan yang berlaku, melainkan bagian penting untuk mewujudkan pertumbuhan usaha yang optimal dan berkelanjutan, serta meningkatkan kontribusi Perusahaan dalam perekonomian nasional.

ÔÇťApresiasi ini menjadi motivasi kami untuk memperkuat komitmen dalam praktik GCG dan mendorong pengelolaan Perusahaan secara profesional, efisien, dan efektif,” kata Vita Mahreyni.

Baca Juga:
SIG Bakal Genjot Investasi Pabrik Tuban Jawa Timur



Sumber: www.suara.com

No More Posts Available.

No more pages to load.