Cara Mengisi Air Radiator Motor Sendiri, Ternyata Mudah!

by -139 Views

alef-diaz.com РHampir semua orang punya kendaraan bermotor, namun tidak semuanya tahu bagaimana cara merawat ataupun cara mengisi air radiator. Sebetulnya motor cukup mudah dirawat, namun kamu juga harus memperhatikan beberapa komponen penting seperti bagian radiatornya. 

Bagian radiator pada motor ini memiliki peran sangat penting pada saat motor digunakan, otomatis mesin akan panas. Radiator bertugas untuk menjaga suhu mesin supaya tetap berada pada suhu di bawah 80 derajat celcius. Maka dari itu, pemiliknya perlu tahu cara mengisi air radiator motor.

Nah, air radiator atau water coolant direkomendasikan untuk selalu diganti setiap 12.000 km sekali. Penggantian air radiator motor dapat dilakukan dibengkel resmi terdekat atau dilakukan dengan sendiri.

Lantas, bagaimana cara mengisi air radiator motor? Cukup mudah, kok! Langsung saja cek panduan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga:
Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Utama Penganiayaan di Gang Buana Indah Purwakarta

Cara Mengisi Air Radiator Motor

  1. Siapkan terlebih dahulu 2 buah botor coolant 500 ml. Cairan pendingin atau coolant ini bisa kamu dapatkan di bengkel resmi atau di toko-toko jual onderdil terdekat, dengan harga kurang lebih Rp 20 ribu untuk setiap botolnya.
  2. Kemudian, silakan buka cover radiator dengan menggunakan alat atau kunci T-8 lepas baut pengunci cover radiator pada motor tersebut.
  3. Lalu siapkan terlebih dahulu wadah untuk menampung air radiator yang akan dikuras, baru kemudian lepaskan baut pembuangan dengan menggunakan kunci bintang 5 dan jangan lupa lepaskan juga tutup radiator agar airnya lancar saat mengalir.
  4. Setelah itu, isikan air radiator atau coolant yang baru. Setelah air radiator tersebut terkuras habis kemudian pasang kembali baut pembuangan dan tuangkan coolant sampai penuh, dan setelah itu pasang kembali tutup radiatornya.
  5. Isi reservoir tank atau tabung cadangan dengan coolant. Di sini yang perlu untuk diperhatikan adalah batas ketinggian dalam tabung cadangan di usahakan tidak melebihi batas upper pada tabung cadangan tersebut.

Itulah cara mengisi air radiator motor yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Ingat ya, selalu menjaga dan memperhatikan performa motor sangat penting, agar motor tersebut tetap nyaman saat digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengisi air radiator motor semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu semua.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Baca Juga:
Kejelian Bocil Sidoarjo Ini Berhasil Gagalkan Aksi 2 Maling Motor, Warganet: Harus Diberi Apresiasi Nih



Sumber: www.suara.com

No More Posts Available.

No more pages to load.